Tim Kemenpar Kunjungi Objek Dan Days Trail Wisata Sungai Nyalo Pessel

Rabu 13 September 2017 21:50:14 WIB Dilihat : 41 Kali


Tim Kemenpar  Kunjungi Objek Dan Days Trail Wisata Sungai Nyalo Pessel

HALUANNEWS.COM, Pesisir Selatan--Tim Kementrian Pariwisata melakukan penilaian lapangan bidang usaha masyarakat objek wisata di Kenagarian Sungai Nyalo Mudiak Aie, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (11/9).
 
Dalam penjurian di lapangan tersebut didampingi Sekda Ir.Erizon, dan Kepala Dinas Pariwisata Pessel Zefnihan itu, Ketua tim penilai Hambrukmi mengatakan, penilaian yang dilakukan sekarang ini terkait dengan pariwisata masyarakat dalam memajukan wisata di daerah tersebut.
 
"Dan bagaimana menggali potensi - potensi yang ada di nagari itu serta pelayanannya terhadap publik," kata dia.
 
Ia menuturkan, Nagari Sungai Nyalo mudiak aie telah masuk dalam 10 besar dari 34 Provinsi di Indonesia. Bahkan telah memberikan sinyal, bahkan menyisihkan 10 Provinsi.
 
Usaha Pessel sudah lolos 10 besar dan termasuk 5 daerah penilaian. Sungai nyalo akan menyisihkan 10 propinsi.
 
"Di Sumbar 2 daerah yang masuk nominasi, adalah Pessel dan Agam. Jika sungai nyalo masuk dalam rengking 1, 2 atau 3 akan dibawa ke tingkat Internasional  pada tahun 2018 di Thailand," katanya.
 
Sedangkan Titin Sukarya, yang juga dewan juri memuji keindahan alam Sungai Nyalo bahkan lantang menyebutkan bahwa Tuhan telah memberikan anugerah yang begitu berharga terhadap kabupaten Pesisir Selatan ini. Keindahan alam tersebut merupakan modal yang bukan main.
 
Ia menginginkan agar keindahan pariwisata tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat daerah setempat, serta membuat pengunjung betah, nyaman dengan keadaan pariwisata tersebut.
 
"Ini adalah potensi yang bisa di jual. Seperti mencari ikan, teknik ini memiliki nilai tinggi yang bisa jadi daya tarik buat pengunjung," uajrnya.
 
Ia menjelaskan Homstei ini bukan di ukur dengan mewah ataupun besar bangunanya.Tapi justru dinilai dari kebesihanya.
 
Homestay selalu mengedepankan budaya masyarakat. Dan tidak hanya itu, masyarakat harus bisa juga berinteraksi dengan para pengujung yang datang senang kekawasan ini.
 
"Sehingga menciptakan daya tarik dan menjadi magnet para pengunjung yang datang", ajaknya.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Pessel Ir. Erizon mengatakan Nagari Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI, berada di Kawasan Mandeh dan memiliki pantai berpasir putih. Untuk medorong percepatan pembangunan wisata ini, telah dibuka jalan sepanjang 45 km dengan lebar 15 meter, melalui dana pusat.
 
Dikatakan, Nagari  Sungai Nyalo merupakan nagari yang dicanangkan menjadi unggulan strategis dalam sektor pariwisata dan bekerja sama dengan masyarakat.   Selama ini Pemkab Pessel fokus benahi nagari tersebut.
 
 "Pessel tidak punya investor membagun Sungai Nyalo. Tapi justru hanya berkat dukungan dan kerjasama masyarakat. Sehingga percepatan pembangunan ini berkembang dan tercepat di Indonesia," jelasnya
 
Pada kesempatan itu, Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie, Kecamatan Koto XI Tarusan, Marjan menyampaikan Sungai Nyalo saat ini sudah menjadi tujuan wisatawan lokal dan macanegara.
 
Kawasan wisata ini, kata dia, juga di sukung oleh pulau Kapo Kapo, Sironjong Ketek, Sironjong Gadang, Pulau Taraju dan Pulau cubadak. Bahkan Sungai Nyalo juga sudah sering dikunjungi oleh para pejabat negara.
 
Ia berharap pada penilaian ini, Sungai Nyalo menjadi juara agar bisa berlaga ketingkat Internasional pada tahun 2018, yaitu di Thailand," harapnya. (syamsul Bahri)

Tag Berita :
#Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Penerjun TNI Tersangkut di GBK Jelang Final Torabika Championship 2015?
Minggu 24 Januari 2016

Penerjun TNI Tersangkut di GBK ...

Melalui Tapera, MBR Dapat Miliki Rumah Dengan Bunga Rendah
Jumat 26 Februari 2016

Melalui Tapera, MBR Dapat Mili ...

KPK Dampingi 8 Pemda di Jateng Susun Renaksi Antikorupsi
Kamis 19 Januari 2017

KPK Dampingi 8 Pemda di Jateng ...