RS Mitra Keluarga Tak Miliki Fungsi Sosial

Senin 11 September 2017 20:56:48 WIB Dilihat : 45 Kali


RS Mitra Keluarga Tak Miliki Fungsi Sosial

HALUANNEWS.COM, Jakarta--Rumah Sakit Mitra Keluarga di Kalideres, Jakarta Barat dinilai tak memiliki fungsi sosial dalam memberi layanan kesehatan bagi masyarakat. RS ini harus dievaluasi izin operasionlanya menyusul kematian bayi Debora yang tak mendapat penanganan medis memadai, karena persoalan biaya pasien.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong menyesalkan kejadian itu. Sebagai mantan direktur sebuah RS, Ali mengaku paham betul fungsi RS. Selain fungsi layanan medis, RS juga punya fungsi sosial yang tak boleh dilupakan. “Dalam keadaan emergency, tidak boleh ada RS yang menolak pasien, karena itu diatur dalam UU tentang Kesehatan dan UU tentang RS. Menurut pandangan saya, RS yang menolak itu adalah RS yang tidak memiliki sense of humanity, tidak memiliki kepedulian sosial.”

Ali menyerukan pemerintah daerah agar meninjau kembali keberadaan RS yang bersangkutan. Dalam izin itu, jelas Ali, terkandung maksud, pemerintah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan RS. Sejauh mana tingkat pelayanan kesehatan dan tanggung jawab sosial kepada masyarakatnya.

“Dalam pelayanan fungsi sosial, tidak boleh RS menolak pasien apapun tingkat kegawatannya. Maka kita sangat menyesalkan dan tidak terima perlakuan RS terhadap pasien itu,” ucap Ali usai memimpin rapat kerja di ruang Komisi VIII DPR RI. Politisi PAN ini, berharap, tidak ada lagi Debora lainnya yang meninggal karena tak mendapat layanan kesehatan memadai.(*)


Tag Berita :
#Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #politik

Berita terakit :


Tanamkan Dalam Hati: Kita Ini Pelayan Masyarakat
Senin 28 November 2016

Tanamkan Dalam Hati: Kita Ini ...

Babel Peringati HUT ke-16
Senin 21 November 2016

Babel Peringati HUT ke-16

Pasukan Orange Kota Jambi Sambut Kedatangan Piala Adipura
Jumat 04 Agustus 2017

Pasukan Orange Kota Jambi Samb ...

Mahyeldi: Anak Butuh Perhatian, Bukan Gadget
Selasa 19 September 2017

Mahyeldi: Anak Butuh Perhatian ...