Animo Pendaftar Calon Kades sangat Tinggi

Selasa 29 Agustus 2017 14:04:41 WIB Dilihat : 233 Kali


Animo Pendaftar Calon Kades sangat Tinggi

HALUANNEWS.COM--MUAROJAMBI - Pendaftaran calon kepala desa pada pemilihan kepala desa serentak jilid II di Muarojambi dibuka sejak 23 Agustus hingga 5 September 2017. Animo masyarakat untuk mendaftar menjadi calon pemimpin otonomi di desa sanagat tinggi. Saat ini setidak nya ada beberapa daerah yang kuota pendaftar memenuhi syarat maksimal yakni lima calon.
 
"Animo pendaftaran tinggi. Masyarakat semangat dan berlomba untuk menjadi pemimpin di desanya masing-masing," cetus kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Raden Najmi
 
Menurutnya, saat ini saja ada beberapa desa yang pesertanya sudah memenuhi batas maksimal sesuai aturan yakni lima peserta. Animo yang tinggi ini menjadi nilai positif untuk  menunjukkan cara berdemokrasi yang kian bagus di Muarojambi.
 
"Banyak desa yang pendaftarnya sudah lima orang. Seperti Desa Sarangburung dan Desa Danau Saranglang," ujarnya.
 
Dirinya meyakini tidak akan terjadi calon tunggal pada desa yang akan menggelar Pilkades nanti sehingga membuat jadwal pendaftaran diperpanjang. Bahkan, menurut laporan yang didapat, ada satu desa yang berkemungkinan jumlah pendaftarnya melebihi kuota yang sudah ditetapkan yakni Desa Londrang Kecamatan Kumpeh.
"Kalau untuk calon tunggal tidak ada. Bahkan kemumgkinan di Londrang lebih kuota karena sudah ada enam calon yang mendaftar," jelasnya.
 
Untuk daerah yang kuota pendaftarnya berlebih, tentu akan dilakukan seleksi dan penyaringan terlebih hingga sesuai dengan aturan. Kewenangan untuk menyeleksi tersebut tidak lagi dibebankan kepada panitia Pilkades tingkat desa. 
 
"Kalau melebihi kuota akan diseleksi oleh panitia Kabupaten. Agar hasilnya bisa netral dan akuntabel," pungkasnya. (Darka) 

Tag Berita :
#Muaro Jambi #Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Hingga 5 September 2016, Uang Tebusan Amnesti Pajak Capai Rp4,52 Triliun
Senin 05 September 2016

Hingga 5 September 2016, Uang ...

Hati-hati Mencoba Sampel Produk Kosmetik di Toko
Sabtu 09 Desember 2017

Hati-hati Mencoba Sampel Produ ...

Kapuspen TNI : TNI dan Dewan Pers Sepakati Perjanjian Kerja Sama
Senin 25 September 2017

Kapuspen TNI : TNI dan Dewan P ...

Kades Tanjung Syam akan dilaporkan kepihak berwajib
Kamis 26 Oktober 2017

Kades Tanjung Syam akan dilapo ...

KTT RUKUN SANTOSO SUKOHARJO PRINGSEWU RAIH PENGHARGAAN NASIONAL ANUGERAH BAKTI PETERNAKAN 2O17
Kamis 28 September 2017

KTT RUKUN SANTOSO SUKOHARJO PR ...