ZOLA: SAMPAH HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK

Senin 24 Juli 2017 15:40:44 WIB Dilihat : 81 Kali


ZOLA: SAMPAH HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK

Ajak Masyarakat Lestarikan Alam.“Alam ini bukan untuk kita saja, tetapi akan kita wariskan untuk anak cucu kita nantinya.”

H.Zumi Zola, Gubernur Jambi

HALUANNEWS.COM--Kota Jambi - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menyampaikan, setiap hari, sampah selalu dihasilkan oleh manusia, baik itu berupa sampah rumah tangga maupun sampah lainnya. "Sudah seharusnya, sampah yang dihasilkan harus dikelola dengan baik agar tidak menumpuk dan dapat menimbulkan penyakit, serta hal lainnya yang merugikan masyarakat," ujar Zola setelah mengikuti Jalan Santai "Berantas Sampah" dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Jambi, Telanaipura, Minggu (23/07/2017) pagi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) jatuh pada tanggal 5 Juni 2017 yang diperingati setiap tahunnya. Provinsi Jambi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengambil tema "Menyatu dengan Alam" yang dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 23 Juli 2017, dengan mengadakan pameran dan perlombaan-perlombaan, serta ditutup dengan Jalan Santai bersama masyarakat Jambi.

Gubernur Zola mengunjungi stan-stan pameran setelah mengikuti jalan santai bersama masyarakat Jambi dan melakukan donor darah.

"Saya menyambut baik dilaksanakannya acara ini dan mengucapkan terima kasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta seluruh perusahaan dan semua pihak sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik," tutur Zola.

Gubernur Zola memberikan apresiasi kepada bupati dan walikota yang telah mengelola sampah dengan baik, dari tempat pembuangan sementara, sampai ke tempat pembuangan akhir sampah.

"Dalam mengelola sampah ini, tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pihak swasta. Saya berpesan kepada semua, jika ada sampah, buang pada tempatnya, sesuai dengan tema jalan santai pada hari ini yaitu memberantas sampah," terang Zola.

Gubernur Zola menjelaskan, beberapa waktu yang lalu, Kota Jambi dilanda banjir di beberapa titik, ketika dilaksanakan peninjauan langsung, drainase dan sungai-sungai yang ada, dipenuhi dengan sampah.

"Sampah-sampah ini juga menyebabkan terjadinya banjir, karena drainase dan sungai sungai tidak berfungsi dengan baik, ketika turun hujan dengan waktu yang lama maka akan ada genangan air dan banjir," jelas Zola.

Gubernur Zola mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk camat dan lurah untuk mengajak masyarakat supaya tidak membuang sampah di saluran drainase maupun di sungai.

 Selain mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama tidak membuang sampah di sungai dan drainase, lebih jauh lagi, Zola mengajak maysrakat untuk melestarikan alam. "Saya berpesan kepada semuanya untuk memanfaatkan alam yang ada dengan menjaga alam ini dan tidak merusak alam, karena alam ini bukan untuk kita saja tetapi akan kita wariskan untuk anak cucu kita nantinya," ungkap Zola.

Tidak lupa pula, Gubernur Zola mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pasukan Orange sebagai tenaga kebersihan yang telah menjaga dan menciptakan kebersihan di lingkungan sekitar. "Mereka adalah pahlawan kita semua, berkat merekalah lingkungan disekitar kita menjadi bersih. Mereka bekerja dengan dedikasi yang sangat tinggi sekali," tutur Zola.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dr.Evi Primawati menyampaikan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi dalam meningkatkan kesadaran secara global untuk melakukan perlindungan terhadap alam karena kebutuhan terhadap alam akan terus berlanjut di masa yang akan datang.

"Jalan Santai yang telah kita lakukan bersama memiliki tujuan untuk mengimplementasikan upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup di sekitar kita," kata Evi.

Pada acara tersebut, dilakukan juga penyerahan beberapa penghargaan yaitu, penghargaan Adiwiyata tingkat sekolah se Provinsi Jambi, penghargaan Kalpataru, penghargaan Program Kampung Iklim, dan penghargaan Nirwasita Tantra yang langsung diberikan oleh Gubernur Zola.

Gubernur Zola juga mengambil undian doorprize, dengan hadiah 1 unit sepeda motor yang diberikan kepada peserta jalan santai. Selain itu, terdapat doorprize berupa 2 unit sepeda motor, 5 unit sepeda dan doorprize lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPR RI Komisi V Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, H.Bakri, Walikota Sungai Penuh, Wakil Bupati Bungo, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Wakil Bupati Sarolangun dan para undangan lainnya.


Tag Berita :
#Jambituntas #Pemprov Jambi #Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Pedagang di Atas Parit dan Trotoar Jalan Platina Ditertibkan
Rabu 27 September 2017

Pedagang di Atas Parit dan Tro ...

Dusun (Desa) Aur Cino Butuh Perhatian Serius Dari Pemerintah
Jumat 12 Januari 2018

Dusun (Desa) Aur Cino Butuh Pe ...

KTP Anak Untuk Kemandirian.
Senin 31 Juli 2017

KTP Anak Untuk Kemandirian.

Kembali Lantik Pejabat
Minggu 06 Agustus 2017

Kembali Lantik Pejabat

Hakim jatuhkan Hukuman Mati membuat pelaku pembunuhan toke pakan ikan Menangis .
Kamis 03 Agustus 2017

Hakim jatuhkan Hukuman Mati me ...

DPD LVRI DIY Gelar Syukuran HUT LVRI Ke-61
Selasa 02 Januari 2018

DPD LVRI DIY Gelar Syukuran HU ...