KPP Berkah Desa Ayula Selatan Juara I Nasional

Senin 22 Mei 2017 20:05:51 WIB Dilihat : 157 Kali


KPP Berkah Desa Ayula Selatan Juara I Nasional

HALUANNEWS--Bone Bolango - Kelompok Pemelihara Penyelenggara (KPP) Berkah Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango berhasil meraih juara I dalam lomba business plan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal tingkat nasional tahun 2017.

Kegiatan lomba itu diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam bimbingan teknis (Bimtek) keberlanjutan infrastruktur sanitasi berbasis masyarakat di Hotel Sanur Paradise Bali pada tanggal 16-19 Mei 2017.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengapresiasi pencapaian prestasi yang diraih oleh KPP Berkah Desa Ayula Selatan tersebut. ”Alhamdulillah berkat inovasi dan terobosan dari KPP Berkah Desa Ayula Selatan yang mengelola keberlanjutan IPAL Komunal ini, bisa meraih juara I untuk business plan IPAL Komunal tingkat nasional,” puji Bupati Hamim Pou, Minggu (21/5)

Bupati Hamim Pou mengatakan, keberadaan IPAL Komunal ini sangat bermanfaat besar bagi masyarakat. Karena dengan adanya pembangunan IPAL Komunal ini, limbah yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat, itu bisa dikelola dengan baik dan benar.

”IPAL yang dikelola dengan baik akan menjadikan perilaku maupun gaya hidup masyarakat semakin sehat dengan lingkungan semakin bersih,” tandas Bupati.

Sementara itu, Ketua KPP Berkah Desa Ayula Selatan, Hamzah Saleh mengatakan, Desa Ayula Selatan merupakan salah satu penerima IPAL Komunal tahun 2016 dengan anggaran kurang lebih Rp500 juta dari APBN melalui Satker Dinas PU Provinsi Gorontalo dan Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango.

“Alhamdulillah pembangunan IPAL Komunal, sudah dimanfaatkan dan sudah melayani sekitar 70 Kepala Keluarga (KK) di Desa Ayula Selatan,” jelasnya.

Kata Hamzah Saleh, setelah pembangunan IPAL Komunal ini selesai, untuk kegiatannya itu dilanjutkan oleh KPP Berkah Desa Ayula Selatan untuk bagaimana memelihara IPAL ini ke depannya, terutama untuk operasional sanitasinya itu bisa berkelanjutan.

Olehnya itu, agar pemeliharaan IPAL ini bisa berkelanjutan, KPP Berkah selain mendapat dukungan operasional dari pemerintah desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD), pihaknya juga membuat inovasi dan terobosan yang terbilang unik, yakni menyulap dan membangun taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) di atas IPAL tersebut, sehingga tidak nampak lagi bahwa itu tempat sanitasi.

Kemudian taman RTH yang ada di atas IPAL tersebut itu, disewa dan dipinjamkan untuk kegiatan-kegiatan pertemuan generasi muda maupun masyarakat. Apalagi disitu juga kita dipasangi WiFi gratis.

Selain itu, yang paling menarik dalam terobosan kami buat di situ adalah business plan coffee night (Kopi Malam) dengan memanfaatkan produk unggulan Kabupaten Bone Bolango yakni kopi organic Pinogu.

Nah, kegiatan business plan coffee night yang dikelola oleh KPP Berkah dengan memanfaatkan produk unggulan kopi organik Pinogu dalam rangka pemeliharaan keberlanjutan IPAL ini, kami persentasikan dalam kegiatan lomba sekaligus Bimtek keberlanjutan infrastruktur sanitasi berbasis masyarakat di Bali.

Alhamdulillah presentasi itu, mendapat respon positif dari pemerintah pusat. Sehingga terobosan kami dalam memanfaatkan IPAL Komunal sebagai lokasi taman RTH sekaligus lokasi business plan coffee night ini mendapat poin penilaian yang besar dari panitia dan menempatkan KPP Berkah Desa Ayula Selatan sebagai juara I nasional dan layak menjadi percontohan nasional. (Hms/Kadir)


Tag Berita :
#Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Mahasiswa UNS Lakukan KKN Bantu Didik Anak-Anak Buruh Migran di Sabah
Sabtu 07 Januari 2017

Mahasiswa UNS Lakukan KKN Bant ...

Sambil Nonton Quick Count Pilkada Bareng, Menpora Ajak Insan Media Belajar Memanah
Rabu 15 Februari 2017

Sambil Nonton Quick Count Pilk ...

Ajaib! Delapan Buah Ini Bikin Kulit Tetap Sehat Selama Puasa
Minggu 04 Juni 2017

Ajaib! Delapan Buah Ini Bikin ...

TRADISI CIUM TANGAN DI LSN HARUS DIREKOMENDASIKAN KEPADA FIFA
Selasa 31 Oktober 2017

TRADISI CIUM TANGAN DI LSN HAR ...

Wagub Harap Kerjasama Dengan Basarnas Terus DitingkatkanI
Senin 29 Februari 2016

Wagub Harap Kerjasama Dengan B ...

Pembangunan Perumahan Memerlukan Sumber Pendanaan Jangka Panjang
Selasa 04 Oktober 2016

Pembangunan Perumahan Memerluk ...

Pelayanan Perizinan Siak Terbaik Nasional.
Selasa 19 Desember 2017

Pelayanan Perizinan Siak Terba ...